router adalah

Router Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Jenis-Jenisnya

Pada artikel sebelumnya kita sudah mempelajari apa itu routing. Nah, pada kesempatan ini kita akan belajar bagian routing tetapnya alat dari routing tersebut yaitu Router.

Apasih sih sebenarnya alat ini? kita akan pelajari lebih dalam agar kamu dapat lebih mengerti dan tidak bingung lagi.

Pengertian Router

apa itu router

Secara sederhana, router adalah perangkat yang berfungsi sebagai penghubung antara berbagai jaringan komputer atau perangkat di dalam jaringan tersebut. Router ini beroperasi pada lapisan ketiga dalam model referensi OSI (Open Systems Interconnection) dan memiliki kemampuan untuk mengarahkan lalu lintas data antara berbagai perangkat dalam jaringan.

Perangkat ini memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur diantara keduanya. Routing-routing yang saling terhubung dalam jaringan internet turut serta dalam sebuah algoritma routing terdistribusi untuk menentukan jalur terbaik yang dilalui paket IP dari sistem ke sistem lain.

Fungsi Fungsi Utama Router

  1. Pengiriman Paket Data: Salah satu fungsi utama adalah mengirimkan paket data dari satu perangkat ke perangkat lain dalam jaringan. Router ini berfungsi sebagai penghubung yang cerdas yang menentukan jalur terbaik untuk data tersebut.

  2. Pemutusan Jaringan: Dapat memutuskan jaringan yang berbeda satu sama lain. Ini penting untuk memisahkan jaringan lokal dari internet, memastikan keamanan, dan mengontrol lalu lintas yang masuk dan keluar.

  3. Pengalamatan IP: Memberikan alamat IP kepada perangkat yang terhubung ke jaringannya. Alamat IP ini diperlukan agar perangkat dapat berkomunikasi satu sama lain di dalam jaringan dan juga di internet.

  4. Firewall: Dilengkapi dengan firewall yang berfungsi melindungi jaringan dari serangan luar yang tidak diinginkan. Firewall ini dapat memfilter lalu lintas dan memeriksa paket data untuk ancaman keamanan.

  5. NAT (Network Address Translation): NAT adalah teknik yang digunakan oleh router untuk mengonversi alamat IP privat di dalam jaringan lokal menjadi alamat IP publik yang digunakan di internet. Hal ini memungkinkan beberapa perangkat di jaringan lokal untuk berbagi satu alamat IP publik.

Baca juga :   Enkripsi Adalah: Cara Kerja, Jenis, Penerapan dan Manfaat

Cara Kerja Router

cara kerja router

Fungsi utama router adalah merutekan paket (informasi) yang memiliki kemampuan secara cerdas dapat mengetahui rute perjalanan informasi (paket) akan dilewatkan, apakah ditunjukan untuk host lain yang satu network ataukah berada di network yang berbeda.

Jika paket-paket ditunjukan untuk host pada network lain maka router akan meneruskannya ke network tersebut. Sebaliknya, jika paket-paket ditunjukan untuk host yang satu network maka router akan menghalangi paket-paket keluar.

Jenis-Jenis Router

Jenis router dapat dikategorikan menjadi dua yaitu mekanisme dan pengaplikasinya, adapun jenis berdasarkan kategorinya sebagai berikut.

Jenis Berdasarkan Mekanisme

1. Router Statis

Jenis statis menggunakan tabel routing yang disediakan secara menual untuk menentukan jalur terbaik yang harus digunakan oleh data saat melintasi jaringan.

2. Router Dinamis

Jenis dinamis menggunakan algoritma routing seperti RIP, OSPF atau BGP untuk menentukan jalur terbaik yang harus digunakan oleh data saat melintasi jaringan.

Jenis Berdasarkan Pengaplikasianya

1. Router Aplikasi

Aplikasi yang dapat kita install pada sistem operasi, serhingga sistem operasi sistem operasi tersebut akan memiliki kemampuan seperti router, contoh aplikasi ini adalah Winroute, WinGate, SpyGate, WinProxy dan lain-lain.

2. Router Hardware

Hardware yang memiliki kemampuan seperti router, sehingga dari hardware tersebut dapat memancarkan atau membagi IP Address, pada prakteknya jenis ini digunakan untuk membagi koneksi internet pada suatu ruang atau wilayah. 

Contohnya access point, wilayah yang dapat mendapat IP Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.

3. Router PC

Sistem Operasi yang memiliki fasilitas untuk membagi dan mensharing IP Address, jadi jika suatu perangkat jaringan (PC) yang terhubung ke komputer tersebut akan dapat menikmati IP Address atau koneksi internet yang disebarkan oleh Sistem Operasi tersebut.

Baca juga :   DMZ Adalah: Pengertian dan Manfaat Keamanan Jaringan

Contoh sistem operasi yang dapat digunakan adalah sistem operasi berbasis client server, semisal Windows, MikroTik (berbasis Linux) dan vyyata (open source).

Perbedaan Router dengan Modem

perbedaan router dengan modem
Sumber: javatpoint.com
RouterModem
Menghubungkan dua atau jaringan yang berbeda.Menghubungkan jaringan komputer ke jaringan internet.
Mengatur aliran data dan mengatur akses ke jaringan.Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.
Mengatur keamanan jaringan.Tidak memiliki fitur keamanan jaringan.

Peran Penting Router dalam Koneksi Internet

Perangkat ini adalah jantung dari banyak jaringan, terutama dalam konteks koneksi internet. Berikut beberapa peran kunci yang dimainkan oleh router dalam menjaga koneksi internet tetap berjalan lancar:

  1. Penghubung ke Internet: Perangkat yang menghubungkan jaringan lokal, seperti jaringan rumah atau bisnis, dengan internet. Tanpa router, perangkat di jaringan lokal tidak akan memiliki akses ke sumber daya dan layanan di internet.

  2. Pengelolaan Lalu Lintas: Mengatur dan mengelola lalu lintas data dari berbagai perangkat yang terhubung ke jaringan lokal. Ini memastikan bahwa data dikirimkan dengan efisien dan sampai ke tujuan dengan cepat.

  3. Keamanan Jaringan: Dilengkapi dengan fitur keamanan seperti firewall yang dapat melindungi jaringan dari serangan luar. Mereka juga dapat mengatur izin akses untuk mencegah perangkat yang tidak sah masuk ke jaringan.

  4. Distribusi Alamat IP: Sering bertindak sebagai server DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) yang mendistribusikan alamat IP ke perangkat di jaringan lokal. Ini memungkinkan perangkat untuk secara otomatis mendapatkan alamat IP yang sesuai.

  5. Pemisahan Jaringan: Memungkinkan pemisahan jaringan yang berbeda. Sebagai contoh, router dapat memisahkan jaringan kerja dari jaringan pengguna rumahan untuk menjaga keamanan dan privasi.

  6. Pengelolaan Kualitas Layanan (QoS): Dapat mengatur prioritas lalu lintas berdasarkan jenis aplikasi atau perangkat. Ini membantu dalam memastikan kualitas layanan yang baik untuk aplikasi yang membutuhkan bandwidth tinggi, seperti video streaming atau panggilan video.

Baca juga :   Packet Switching Adalah Pengertian, Cara Kerja dan Protokol

Kesimpulan

Pada pelajaran pelajaran kita di atas dapat disimpulkan bahwa Router adalah perangkat yang sangat penting dalam jaringan komputer dan digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan yang berbeda, mengatur aliran data, mengatur akses ke jaringan dan meningkatkan kualitas layanan jaringan.

Router perangkat jaringan yang lebih canggih dibandingkan dengan modem yang memiliki banyak fitur, fitur tersebut antara lain untuk mengatur jaringan dan meningkatkan kualitas jaringan. Namun, modem tetap diperlukan untuk menghubungkan jaringan komputer ke jaringan internet.

Artikel ini merupakan bagian dari seri artikel belajar Jaringan dan jika ada ide topik yang mau kami bahas silahkan komen di bawah ya..