jaringan komputer

Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Implementasi

Pada kesempatan ini kita akan belajar pembelajaran baru yaitu Jaringan Komputer. Jaringan merupakan kompenen yang penting untuk komunikasi antar perangkat satu dengan perangkat lainnya.

Nah, Sebenarnya apasih Jaringan itu? pada artikel ini kita akan belajar lebih dalam mengenai apa itu jaringan komputer, cara kerja, jenis serta manfaatnya.

Pengertian Jaringan Komputer

pengertian jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari beberapa komputer atau perangkat yang terhubung bersama untuk berbagi informasi dan sumber daya. Jaringan komputer dapat digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari berbagi informasi hingga mendukung kolaborasi dan komunikasi.

Sebuah jaringan perangakat juga mungkin dibuat dengan menggunakan gabungan teknologi kabel dan wireless. Perangkat jaringan berkomunikasi melalui medium transmisi kabel atau wireless.

Cara Kerja Jaringan Komputer

Secara umum, cara kerja jaringan komputer dapat dibagi menjadi beberapa tahap utama yaitu.

  1. Pembuatan koneksi fisik, perangkat-perangkat pada jaringan harus terhubung secara fisik menggunakan kabel atau perangkat nirkabel seperti WIFI atau Bluetooth. ini akan memungkinkan perangkat-perangkat untuk saling berkomunikasi.
  2. Konfigurasi perangkat, Setelah koneksi fisik dibuat, perangkat pada jaringan harus dikonfigurasi untuk bekerja sama dengan perangkat lain dalam jaringan. Ini dapat dilakukan dengan mengatur pengaturan IP, subnet mask dan gateway pada setiap perangkat.
  3. Penggunaan protokol, menggunakan protokol komunikasi untuk mengatur bagaimana perangkat-perangkat dalam jaringan saling berkomunikasi. Beberapa protokol yang umum digunakan di jaringan komputer termasuk TCP/IP, Ethernet dan DHCP.
  4. Berkomunikasi, setelah perangkat dikonfigurasi dan menggunakan protokol yang sesuai, perangkat-perangat dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Ini dapat dilakukan dengan mengirimkan dan menerima data, mengakses file atau aplikasi yang tersimpan di komputer lain atau mencetak dokumen dengan printer yang terhubung dalam jaringan.
  5. Keamanan, jaringan komputer dapat menjadi sangat rentan terhadap serangan dari luar sehingga jaringan harus dilindungi dengan firewalls, enkripsi dan sistem keamanan lainnya untuk mencegah akses tidak sah (penjahat).
Baca juga :   Trojan Horse Adalah: Cara Kerja, Contoh dan Cara Mengatasinya

Di atas adalah cara kerja pada umumnya, namun cara kerja jaringan juga dapat menjadi kompleks tergantung pada jenis jaringan yang digunakan, topologi jaringan dan jumlah perangkat yang terhubung.

Jenis Jaringan Komputer

Jenis jaringan komputer terbagi dari jangkauan, pola pengoperasian dan media transmisi. Untuk lebih jelas dijabarkan dibawah ini.

Berdasarkan Jangkauan

1. Personal Area Network (PAN)

Personal Area Network (PAN)

Jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat yang berbeda dalam cakupan area yang kecil. Cakupan area yang berada dalam PAN berkisaran kurang dari 10 meter dan area tersebut tidak termasuk area yang ada di dalam ruangan.

2. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN)

LAN merupakan jaringan komputer yang terbatas pada area geografis yang kecil, seperti kantor atau rumah. LAN digunakan untuk berbagi sumber daya seperti printer, scanner dan file server, selain itu untuk berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan chat atau email.

3. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN)

MAN merupakan gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN cocok untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik atau perusahaan dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

4. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN)

WAN adalah jaringan yang meliputi area geografis yang lebih besar, seperti kota atau negara. WAN digunakan untuk menghubungan jaringan lokal yang berbeda. Contohnya, WAN dapat digunakan untuk menghubungkan kantor cabang perusahaan yang berbeda.

5. Global Area Network (GAN)

GAN jaringan yang mencakup seluruh dunia. GAN digunakan untuk menghubungkan jaringan wilayah luas yang berbeda. Contohnya, GAN dapat digunakan untuk menghubungkan kantor cabang perusahaan yang berbeda di negara yang berbeda.

6. Jaringan Cloud

Cloud mirip dengan WAN yang infrastrukturnya disediakan dengan layanan berbasis cloud. Semua kemampuan dan sumber daya jaringan organisasi di host dalam sebuah platform cloud publik atau private dan disediakan sesuai permintaan. Sumber daya jaringan ini dapat termasuk router virtual, firewall, bandwidth dan perangkat lunak manajemen jaringan beserta alat dan fungsi lain yang dibutuhkan.

Baca juga :   Scareware: Cara Kerja, Cara Menghapus dan Menghindari

Berdasarkan Pola Pengoperasian

1. Jaringan Client-Server

client server

Client-server merupakan sebuah hubungan jaringan yang menggunakan prinsip pelayanan dan yang di layani.

2. Jaringan Peer to Peer

peer to peer

Peer to Peer merupakan kumpulan beberapa komputer yang biasanya tidak berjumlah banyak yang terhubung dalam jaringan untuk melakukan koneksi, berbagi data dan memakai sumber daya komputer lain seolah itu komputer sendiri

Berdasarkan Media Transmisi

1. Wire Network

Jaringan yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Pada sebuah jaringan, media transmisi memegang peranan yang sangat penting sebab infromasi atau data akan dingkut melalui media transmisi.

Pada Wire Network, ada beberapa piliihan kabel yang dapat digunakan yaitu kabel coaxial, kabel twisted pair (TP) dan kabel fiber optic.

2. Tanpa Kabel (Wireless)

Jaringan yang menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan kabel. Media yang digunakan seperti gelombang radio, inframerah, bluetooth dan microwave. Wireless bisa difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN, maupun WAN. Wireless ditujukkan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi.

Manfaat Jaringan Komputer

Berikut beberapat manfaat yang terdapat pada jaringan komputer.

  1. Berbagi sumber daya, memungkinkan pengguna untuk berbagi sumber daya seperti printer, hard drive atau scanner. Ini sangat berguna ketika ada beberapa orang yang bekerja dari satu lokasi atau kantor.
  2. Komunikasi, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi satu sama lain melalui email, chat atau video call yang berguna untuk kolaborasi dan komunikasi efisien.
  3. Akses informasi, untuk mengakses informasi yang tersimpan di komputer lain yang berguna ketika ada beberapa orang bekerja pada satu proyek dan perlu akses informasi yang sama.
  4. Remote access, untuk mengakses komputer atau sumber daya jaringan dari jarak jauh yang berguna untuk kerja jarak jauh.
  5. Backup and security, Memungkinkan penyimpanan data yang aman dan backup data yang dapat diakses oleh beberapa pengguna.
  6. Cloud computing, memungkinkan penyimpanan data dan aplikasi yang dapat diakses oleh pengguna dari mana saja, meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas.
  7. E-commerce, menyediakan akses ke pasar global melalui internet yang memungkinkan perusaan untuk menjual produk atau layanan pada pelanggan di seluruh dunia.
Baca juga :   FTP Adalah: Fungsi, Cara Kerja dan Kelebihannya

Jaringan memainkan peran yang sangat penting dalam dunia bisnis, pendidikan, pemerintahan dan kehidupan sehari-hari, dengan memungkinkan konektivitas dan akses sumber daya yang cepat dan efisien. Itu sebabnya jaringan komputer selalu berkembang.

Kesimpulan

Pada pembelajaran kita di atas dapat kita simpulakan bawah Jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari beberapa komputer atau perangkat yang terhubung bersama untuk berbagi informasi dan sumber daya. Jaringan memiliki bagian-bagian dari jarak, pola pengoperasian dan media transmisi.

Jaringan komputer sangat berperan penting dalam kehidupan kita dimasa sekarang karna dengan jaringan kita dapat melakukan pekerjaan ataupun berkomunikasi dengan mudah.

Artikel ini merupakan bagian dari seri artikel belajar Jaringan dan jika ada ide topik yang mau kami bahas silahkan komen di bawah ya..