gateway adalah

Gateway Adalah : Pengertian, Cara Kerja dan Fungsinya

Dalam dunia jaringan komputer yang semakin kompleks dan terhubung, gateway merupakan salah satu konsep yang sangat penting. Gateway adalah salah satu dari beberapa komponen penting dalam perangkat yang digunakan untuk menunjang proses komunikasi perangkat dalam jaringan komputer.

Pada artikel ini kita akan belajar lebih mendalam mengenai pengertian, cara kerja, fungsi dan perbedannya. Yuk simak!!

Pengertian Gateway

pengerti gateway
Sumber: community.fs.com

Gateway merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan yang berbeda atau jaringan yang berbeda kelas dan bertindak sebagai penerjemah antar jaringan yang berbeda sehingga dapat mengatur aliran data antar jaringan.

Gateway dapat beroperasi di berbagai tingkatan dalam sebuah jaringan, mulai dari tingkat perangkat keras (hardware) hingga tingkat perangkat lunak (software).

Fungsi-Fungsi Gateway

Berikut merupakan beberapa fungsi yang dimiliki.

  1. Mengatur Akses Jaringan, digunakan untuk mengatur akses jaringan dengan mengotrol paket data yang masuk den keluar dari jaringan. Hal ini memungkinkan untuk mengakses jaringan yang dibutuhkan dan mengamankan jaringan dari serangan yang tidak diinginkan.
  2. Mengkonversi Protokol Jaringan, digunakan untuk mengkonversi protokol jaringan sehingga data dapat diterima dan dikirim oleh jaringan yang berbeda. Hal ini memungkinkan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol yang berbeda.
  3. Mengatur Aliran Data, digunakan untuk mengatur aliran data antar jaringan. Hal ini memungkinkan untuk mengatur jumlah paket data yang diterima dan dikirim oleh jaringan.
  4. Menyediakan Layanan Proxy, beberapa dapat digunakan sebagai layanan proxy yang menyediakan untuk klien yang ingin mengakses jaringan. Hal ini memungkinkan untuk mengatur akses jaringan yang menyediakan layanan proxy.
  5. Mengatur Keamanan Jaringan, dapat digunakan untuk mengatur keamanan jaringan dengan melakukan autentikasi dan enkripsi data. Hal ini memungkinkan untuk mengamankan jaringan dari serangan yang tidak diingingkan.
  6. Quality of Service (QoS), dapat digunakan untuk mengatur prioritas paket data yang diterima dan dikirim. Memungkinkan untuk mengatur aliran data sehingga aplikasi yang memerlukan kualitas layanan yang tinggi dapat diakomodir dengan baik.
Baca juga :   TCP/IP Model: Pengertian, Layer, Cara kerja dan Fungsi

Jenis-Jenis Gateway

Beberapa jenis gateway yang dapat digunakan dalam jaringan komputer, antaranya adalah.

1. Router Gateway

Perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan yang berbeda dengan menggunakan alamat IP sebagai identifikasi jaringan, dapat digunakan untuk mengatur aliran data antar jaringan dan mengkonversi protokol jaringan.

2. Firewall Gateway

Perangkat yang digunakan untuk mengakses jaringan dan mengamankan jaringan dari serangan yang tidak diinginkan, dapat digunakan untuk mengatur akses jaringan dengan mengatur paket data yang masuk dan keluar dari jaringan.

3. VPN Gateway

Perangkat yang digunakan untuk mengatur koneksi virtual private network (VPN), memungkinkan komunikasi antar jaringan yang berbeda dengan menggunakan jaringan pribadi yang aman.

4. Proxy Gateway

Perangkat yang digunakan untuk mengatur akses jaringan dengan menyediakan server proxy. Server proxy digunakan untuk mengatur akses jaringan dengan menyediakan layanan proxy untuk klien yang ingin mengakses jaringan.

Gateway juga dapat digunakan dalam jaringan IoT (Internet of Things) yang digunakan untuk menghubungkan perangkat IoT ke jaringan internet, dapat digunakan untuk mengatur aliran data antar perangkat IoT dan mengkonversi protokol jaringan IoT.

Cara Kerja Gateway

cara kerja gateway

Cara kerja gateway yaitu dengan menerima paket dari dari satu jaringan dan mengirimkannya ke jaringan lain. Hal ini dilakukan dengan menggunakan protokol jaringan yang berbeda, seperti TCP/IP atau IPX/SPX. Gateway akan menerima paket data dari jaringan satu, mengecek alamat tujuan paket tersebut dan mengirimkannya kejaringan yang lain sesuai dengan alamat tujuannya.

Jika gateway menemukan bahwa paket data yang diterima tidak dapat diteruskan ke jaringan yang dituju, maka gateway akan mengirimkan pesan error kepada pengirim paket.

Untuk penjabaran lebih jelas sebagai berikut:

a. Konversi Protokol

Salah satu peran utama gateway adalah mengonversi protokol komunikasi yang berbeda. Ini berarti bahwa ketika dua jaringan yang berbeda ingin berkomunikasi, gateway dapat mengubah pesan dari satu protokol menjadi protokol yang dapat dimengerti oleh jaringan lainnya. Misalnya, jika satu jaringan menggunakan protokol TCP/IP dan yang lainnya menggunakan protokol AppleTalk, gateway dapat memfasilitasi komunikasi antara keduanya dengan mengonversi pesan dari satu protokol ke yang lain.

Baca juga :   MERN Stack Adalah: Pengertian, Komponen dan Kelebihannya

b. Routing Data

Bertanggung jawab untuk mengarahkan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Ini berarti bahwa ketika data dikirim dari satu jaringan, gateway akan menentukan rute terbaik untuk mengirim data tersebut ke jaringan tujuan. Proses ini disebut routing, dan gateway memiliki tabel routing yang digunakan untuk memutuskan jalur yang paling efisien untuk mengirim data.

c. Keamanan Jaringan

Berfungsi sebagai filter keamanan, memastikan bahwa hanya data yang diizinkan oleh kebijakan keamanan yang diberlakukan yang dapat melewati antara jaringan. Ini membantu melindungi jaringan dari ancaman seperti serangan malware atau akses yang tidak sah.

d. Penafsiran Data

Dapat melakukan penafsiran data yang masuk dan keluar dari jaringan. Misalnya, dalam jaringan Internet of Things (IoT), gateway dapat mengonversi data yang dikumpulkan oleh berbagai perangkat IoT menjadi format yang dapat dipahami oleh sistem yang lebih besar.

Kelebihan dan Kelemahan

Adapun kelebihan dan kekurangan sebagai berikut.

Kelebihan

  1. Memungkinkan komunikasi antar jaringan yang berbeda, sehingga memungkinkan akses jaringan global.
  2. Memungkinkan konversi protokol jaringan, sehingga memungkinkan komunikasi antar jaringan yang menggunakan protokol yang berbeda.
  3. Memungkinkan pengaturan keamanan jaringan dengan melakukan autentikasi dan engkripsi data.

Kelemahan

  1. Dapat menjadi bottlenecks dalam jaringan karena semua paket data harus melewatnya sebelum diteruskan ke jaringan lain.
  2. Biaya untuk pembelian dan perawata cukup tinggi.
  3. Konfigurasi yang salah dapat menyebabkan masalah jaringan yang serius.

Perbedaan Gateway, Router dan Switch

Gateway, router dan switch adalah perangkat yang berbeda digunakan untuk menghubungkan dan mengatur lalulintas. Namun, masing-masing memiliki fungsi berbeda.

Switch

switch

Switch merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan lokal (LAN) dan mengalirkan data antara perangkat tersebut. Switch menerima paket dari satu perangkat dan mengirimkannya ke perangkat lain sesuai dengan alamat tujuan paket tersebut. Switch menggunakan informasi MAC Address untuk menentukan perangkat yang dituju.

Baca juga :   9 Perbedaan ipv4 dan ipv6 yang Harus Kamu Ketahui

Router

router

Router merupakan perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan yang berbeda dan membuat keputusan tentang bagaimana paket data harus diteruskan. Router menerima paket data dari satu jaringan dan mengirimkannya ke jaringan lain sesuai dengan alamat tujuan paket tersebut. Router menggunakan informasi routing untuk menentukan jalur terbaik untuk mengirimkan paket data.

Perbedaan

Secara singkat, gateway digunakan untuk menghubungkan jaringan yang berbeda, router digunakan untuk menentukan jalur terbaik bagi paket data untuk diteruskan dan sedangkan switch digunakan untuk mengalirkan data antara perangkat dalam jaringan lokal.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Gateway merupakan perangkat penting dalam jaringan komputer yang memungkinkan komunikasi antar jaringan yang berbeda dan mengatur aliran data.

Namun, gateway juga memiliki beberapa kelemahan seperti biaya tinggi dan masalah yang dapat disebabkan oleh konfigurasi yang salah. Oleh karena iti, penting untuk mengatur dan mengelola dengan benar agar dapat memberikan manfaat maksimal dalam jaringan komputer.

Artikel ini merupakan bagian dari seri artikel belajar Jaringan dan jika ada ide topik yang mau kami bahas silahkan komen di bawah ya..