contoh kecerdasan buatan

Belajar Kecerdasan Buatan (AI): 15 Contoh Kecerdasan Buatan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sadar atau tidak, kita hidup sudah mulai berdampingan dengan kecerdasan buatan (AI). Kecerdasan buatan sudah semakin banyak kita gunakan. Contoh kecerdasan buatan terdapat di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, otomotif, bisnis dan hingga hiburan.

Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar mengenai kecerdasan buatan dan sejarah kecerdasan buatan.

Nah, apakah kamu tahu contoh penerapan kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari? pada artikel ini kita akan membahas 15 contoh kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut 15 contoh kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari.

15 Contoh Kecerdasan Buatan

1. Prediksi Kondisi Pasien

Kecerdasan Buatan membantu dokter untuk mengetahui kondisi pasien di masa depan, agar dapat mengetahui kemungkinan penyakit yang akan di derita oleh pasien.

Data seperti tekanan darah, denyut nadi dan suhu tubuh dapat dimasukan kedalam sistem Kecerdasan Buatan kemudian dianalisa untuk mengetahui perkembangan kondisi pasien.

2. Search Engine

search engine contoh AI dalam kehidupan sekitar

Search engine biasanya kita mengenal dengan Google, Bing dan Yahoo yang memiliki kemampuan yang tahu segalanya. Kecerdasan buatan (AI) pada search engine terletak pada sistem dalam mempelajari kebiasaan para penggunanya. Pada umumnya kecerdasan buatan ini akan memberikan berita atau informasi kepada pengguna sesuai dengan kebiasaan mereka saat mencari informasi.

3. Face ID

face id contoh AI dalam kehidupan sekitar

Bidang keamanan tidak luput terkena dampak dari kecerdasan buatan, seperti yang terdapat pada perangkat smartphone kita. Smartphone sekarang sudah memiliki fitur face id yang dimana smartphone hanya bisa dioperasikan atau digunakan oleh wajah si pengguna saja. tidak hanya smartphone, sekarang juga ada pintu dengan menggunakan fitur ini. Fitur ini menggunakan algoritma machine learning untuk membandingkan pemindai wajah dengan wajah pengguna untuk menentukan apakah orang yang membuka kunci merupakan pengguna atau bukan.

Baca juga :   K Means Clustering: Pengertian, Cara Kerja dan Contoh Penerapannya

4. Asisten Virtual

asisten virtual - contoh AI dalam kehidupan sekitar

Seperti sebutannya, asisten virtual bertugas untuk membantu pengguna mencari informasi melalui suara. Layaknya seorang atasan meminta asistennya lewat percakapan langsung.

Salah satu produknya adalah Siri yang merupakan asisten pribadi digital dari Apple. Siri memiliki voice asisten yang ramah untuk berinteraksi dengan manusia. Siri bisa memahami pertanyaan dengan bahasa, sehingga Siri dengan mudah dapat menemukan informasi, menambah acara ke kalender, memberi petunjuk arah, mengirim pesan dan melakukan aktivitas lainnya.

5. Chatbot

chatbot contoh AI dalam kehidupan sekitar

Chatbot merupakan kecerdasan buatan yang dapat mengenali kata dan frasa untuk memberikan jawaban kepada pengguna dengan pertanyaan umum yang pelanggan ajukan. fitur ini cenderung menawarkan kepada pengguna semua kemungkinan jawaban dan solusi yang pengguna inginkan. Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa membantu dalam mengambil keputusan untuk melakukan konversi.

6. GPS

GPS - contoh AI dalam kehidupan sekitar

GPS atau Global Positioning System menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk melihat posisi di dunia secara real 3 dimensi. Pembuatan rute GPS dilakukan oleh mobil bahkan motor yang mengelilingi dunia untuk mengambil gambar dengan kamera 360०.

7. Streaming Musik/ Video

streaming musik contoh AI dalam kehidupan sekitar

Ketika membuka aplikasi streaming film atau musik terkadang pada halaman pertama aplikasi akan memberikan sugesti dan rekomendasi yang memungkinkan akan kamu sukai. ini merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan akan mempelajari pola dan jenis-jenis konten yang sering kamu nikmati, kemudian akan memberikan rekomendasi relevan.

8. Translator

translator contoh AI dalam kehidupan sekitar

Translator atau program bahasa juga menggunakan kemampuan kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan yang terdapat di translator tidak hanya untuk sekedar menerjemahkan melalui kata saja tetapi bisa menggunakan voice record bahkan bisa menggunakan kamera. kamu cukup mengarahkan kamera di atas tulisan tanpa memotretnya, lalu tulisan-tulisan tersebut akan berubah dengan sendirinya.

Baca juga :   Unsupervised learning: Pengertian, Jenis dan Implementasi

9. Video Game

game contoh AI dalam kehidupan sekitar

Video game sebenarnya sudah lama menerapkan kecerdasan buatan, kecerdasan buatan divideo game biasanya digunakan untuk hal simulasi dan struktur pembuatan game tersebut. Mayoritas game menggunakan kecerdasan buatan berupa program yang dapat membaca teknik dari permainan user dan kemudian AI akan menyesuaikan cara melawan user dengan tingkat level yang berbeda.

10. Sosial Media

sosial media contoh AI dalam kehidupan sekitar

Sosial media menerapkan kecerdasan buatan untuk membuat fitur pertemanan berdasarkan nomor kontak yang kamu simpan. Biasanya, kamu sering menemukan kontak teman kamu tanpa di sengaja, padahal kamu tidak memintanya.

Tidak hanya sebatas itu, kecerdasan buatan bermain algoritma media sosial dan menampilkan konten yang sering kamu baca. Algoritma ini semakin terlihat saat halaman explore, kamu akan mendapatkan konten serupa yang biasa dikonsumsi.

11. Editor Tulisan

Editor tulisan menggunakan fitur auto correct pada smartphone kamu untuk menghindari typo ketika mengetik pesan. Kecerdasan buatan pada editor tulisan ini menggunakan machine learning untuk mempelajari dan memproses suatu bahasa sehingga bisa mengidentifikasi penggunaan bahasa yang salah dan menyarankan koreksi.

12. Fitur Selfie

Saat melakukan foto selfie dengan menggunakan kamera smartphone, kita pasti sering menambahkan fitur-fitur yang ada di kamera entah itu berupa fitur, editing, beauty dan sebagainya. Adapun contoh fitur yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan berupa deteksi wajah, kualitas, dan warna.

13. Perbankan Online

Kecerdasan buatan yang diterapkan di bidang perbankan, khususnya perbankan offline. Peralatan perbankan yang memiliki fungsi untuk mendeteksi penipuan ataupun pemalsuan tanda tangan.

Perbankan yang sudah mendukung m-banking memiliki fitur kode QR dalam aplikasi perbankan langsung memindahkan barcode rekening tujuan secara cepat dan tepat saat transfer uang. Pesan Pop-up yang muncul untuk konfirmasi transaksi pun merupakan contoh dari kecerdasan buatan.

Baca juga :   Belajar Jaringan Syaraf Tiruan (JST): Pengertian, Arsitektur, Cara Kerja dan Jenis-Jenisnya

14. Pemesanan Ojek Online

Kecerdasan buatan yang terdapat pada aplikasi ojek online ialah pengguna dapat mengetahui titik poin mana saja ojek online tersebut berada. Pada aplikasi ini, program kecerdasan buatan akan selalu di upgrade. Dengan begitu aplikasi ini tidak akan disalah gunakan oleh pengguna maupun driver.

15. Belanja online (Rekomendasi Produk)

e commerce contoh AI dalam kehidupan sekitar

Saat kamu berbelanja online seperti toko biru, toko kuning, bahkan toko hijau anda mungkin akan menemukan hasil produk di halaman yang relevan. Disinilah kecerdasan buatan bekerja dengan menggunakan natural language process untuk meningkatkan hasil pencarian yang relevan. Tidak hanya itu, dengan kecerdasan buatan toko online bisa memiliki kemampuan visual search yang memungkinkan pengguna untuk berbelanja produk atau layanan yang hanya pengguna sukai atau cari.

Kesimpulan

Pada uraian diatas kita semakin tahu bahwa kecerdasan buatan itu sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, adapun produk kecerdasan buatan (AI) di atas menunjukkan begitu banyak teknologi yang sudah dipakai dan memiliki dampak yang signifikan bagi kehidupan sehari-hari. Selain 15 contoh kecerdasan buatan di atas, masih banyak lagi penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel ini merupakan bagian dari seri artikel belajar Kecerdasan Buatan dan jika ada ide topik yang mau kita bahas silahkan komen di bawah ya.

Nah, kamu sudah menggunakan produk kecerdasan buatan apa? jangan lupa komen di bawah ya.