cara melihat pesan wa yang sudah dihapus

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Dijamin Ampuh

Pesan WhatsApp (WA) menjadi alat komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, terkadang kita menghapus pesan WA karena beberapa alasan. Beberapa pengguna menghapus pesan karena kesalahan dalam pengiriman, kekhawatiran privasi, atau hanya karena ingin menghapus pesan tersebut. Tapi, apakah mungkin untuk melihat pesan WA yang sudah dihapus?

Di artikel ini, kita akan membahas beberapa cara untuk melihat pesan WA yang sudah dihapus.

1. Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus di Notifikasi

Cara Melihat Pesah WhatsApp yang Sudah Dihapus di Notifikasi

Notifikasi adalah cara termudah untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus, tetapi tidak semua pesan yang dihapus meninggalkan notifikasi. Jika pesan dihapus oleh pengirim, notifikasi akan dihapus bersamaan dengan pesan. Namun, jika pesan dihapus oleh penerima, notifikasi akan tetap ada di ponsel penerima.

Langkah-langkah untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus menggunakan notifikasi adalah sebagai berikut:

  1. Aktifkan notifikasi WhatsApp di ponsel kamu.
  2. Buka notifikasi WhatsApp yang muncul di layar ponsel kamu.
  3. Jika pesan yang dihapus tidak terlalu lama, kamu mungkin masih dapat membaca pesan dalam notifikasi.

2. Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus dengan Fitur Pemulihan Chat

WhatsApp memiliki fitur Pemulihan Chat yang memungkinkan pengguna untuk memulihkan chat yang terhapus. Namun, fitur ini hanya berfungsi jika pengguna memiliki cadangan chat yang cukup baru.

Baca juga :   Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET pada Browser

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur Pemulihan Chat di WhatsApp:

  1. Pastikan kamu memiliki cadangan chat WhatsApp yang cukup baru.
  2. Hapus WhatsApp dari ponsel kamu dan pasang ulang.
  3. Aktifkan WhatsApp dan masuk ke akun kamu.
  4. Pilih opsi Pemulihan Chat dan tunggu proses selesai.
  5. Setelah proses selesai, kamu dapat melihat semua chat yang terhapus, termasuk pesan WhatsApp yang dihapus.

3. Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus dengan Aplikasi WhatsApp Backup

Cara ketiga untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus adalah dengan menggunakan fitur cadangan atau backup di WhatsApp. WhatsApp memiliki fitur backup otomatis yang dapat diatur untuk mem-backup pesan WhatsApp kamu secara otomatis setiap hari atau seminggu sekali.

Untuk menggunakan fitur backup WhatsApp, pertama-tama pastikan bahwa fitur backup otomatis telah diaktifkan di aplikasi WhatsApp kamu. Jika belum, buka aplikasi WhatsApp, buka Pengaturan > Chat > Cadangan Chat dan pilih Frekuensi cadangan yang diinginkan.

Setelah fitur backup diaktifkan, kamu dapat melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus dengan mengunduh file backup WhatsApp kamu dan memindainya menggunakan aplikasi ekstraksi data seperti Backup Text for WhatsApp atau Wondershare Dr.Fone.

Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya berlaku jika kamu sudah pernah mem-backup pesan WhatsApp kamu sebelumnya dan pesan yang ingin kamu lihat sudah ada dalam file backup tersebut. Selain itu, proses untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus dengan cara ini cukup rumit dan membutuhkan beberapa tahap ekstraksi data.

4. Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kamu melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Namun, sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk memeriksa keamanan dan privasi aplikasi tersebut.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Watermark Video dengan Cepat dan Mudah

Berikut adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus:

1. Notification History Log

Notification History Log adalah aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kamu melihat notifikasi yang hilang, termasuk notifikasi WhatsApp yang dihapus. Aplikasi ini dapat menampilkan notifikasi yang hilang dalam jangka waktu tertentu dan dapat membantu kamu membaca pesan WhatsApp yang terhapus.

2. WAMR – Recover deleted Messages dan Status Download

WAMR adalah aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kamu memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus. Aplikasi ini dapat memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus bahkan jika pengguna tidak memiliki cadangan chat WhatsApp. Selain itu, WAMR juga dapat memulihkan pesan yang dihapus oleh pengirim atau penerima.

Cara Melihat Pesah WhatsApp yang Sudah Dihapus dengan WAMR

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan WAMR:

  1. Unduh dan instal aplikasi WAMR dari Google Play Store.
  2. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi dan pilih WhatsApp sebagai aplikasi yang ingin dipulihkan.
  3. Pilih opsi Pemulihan Pesan untuk memulai proses pemulihan.
  4. Tunggu sampai proses pemulihan selesai dan semua pesan WhatsApp yang terhapus akan ditampilkan di aplikasi.

5. Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus dengan File Manager

Jika kamu tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu dapat mencoba mencari pesan WhatsApp yang dihapus menggunakan file manager di ponsel kamu. Namun, ini hanya berfungsi jika kamu memiliki akses ke file sistem ponsel kamu.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencari pesan WhatsApp yang dihapus menggunakan file manager:

  1. Buka file manager di ponsel kamu dan cari folder WhatsApp.
  2. Pilih folder WhatsApp dan cari folder Databases di dalamnya.
  3. Di dalam folder Databases, cari file chat yang ingin kamu pulihkan. File chat diidentifikasi dengan nama Chat dengan ekstensi .crypt12 atau .crypt8, tergantung pada versi WhatsApp yang digunakan.
  4. Ganti nama file chat yang ingin kamu pulihkan menjadi nama yang berbeda, seperti Chat Backup.crypt12 atau Chat Recovered.crypt12.
  5. Instal ulang WhatsApp dan aktifkan akun WhatsApp kamu.
  6. Ketika diminta, pilih opsi Pemulihan Chat untuk mengembalikan chat WhatsApp dari file sistem yang telah diubah.
Baca juga :   Cara Belajar Coding Otodidak Untuk Pemula

Kesimpulan

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang sangat populer dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan. Terkadang, pengguna WhatsApp menghapus pesan untuk beberapa alasan, seperti kesalahan pengiriman, privasi atau kesalahan dalam pesan.

Ada beberapa cara untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus, seperti menggunakan notifikasi, fitur pemulihan chat atau aplikasi pihak ketiga. Namun, perlu diingat untuk selalu memeriksa privasi dan keamanan aplikasi dan menghormati privasi pengirim dan penerima pesan. Jangan lupa untuk membuat cadangan chat secara teratur agar dapat memulihkan pesan yang terhapus di masa depan.

Artikel ini merupakan bagian dari seri artikel Tips Trik dan jika ada ide topik yang mau kami bahas silahkan komen di bawah ya..