channel youtube programming

16 Rekomendasi Channel Youtube Programming

Youtube adalah platform video sharing terbesar di dunia, yang memungkinkan para pembuat konten untuk mengunggah dan berbagi video mereka dengan dunia. Di Indonesia, para programmer telah mulai memanfaatkan platform ini untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam bidang teknologi dan programming.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa channel Youtube terbaik yang dibuat oleh programmer Indonesia, serta apa yang membuat mereka unik dan berbeda dari yang lain.

Channel Youtube Programming Indonesia

1. Kode.id

Kode.id adalah channel YouTube programmer Indonesia terbesar yang mencakup berbagai topik pemrograman. Channel ini memiliki lebih dari 300 ribu pelanggan dan telah menghasilkan lebih dari 800 video pembelajaran. Selain itu, Kode.id juga menyediakan pelajaran pemrograman untuk pemula dan tingkat lanjut serta konten-konten mengenai teknologi terbaru.

2. Web Programming UNPAS

channel programming unpas

Web Programming UNPAS adalah channel Youtube yang dibuat oleh Universitas Pasundan. Channel ini menyajikan tutorial dan pembelajaran tentang web programming, mulai dari HTML, CSS, JavaScript, hingga PHP dan Laravel. Video-video di sini terstruktur dengan baik dan mudah dipahami, cocok untuk pemula yang ingin belajar pemrograman web.

Baca juga :   Data Breach Adalah: Pengertian, Jenis, Dampak dan Pencegahan

3. Kodingan TV

Kodingan TV adalah channel Youtube yang dibuat oleh para programmer dari Kodingan. Channel ini menyajikan tutorial dan video tentang programming, mulai dari dasar hingga teknologi terbaru. Video di sini sangat informatif dan mudah dipahami, cocok untuk para pemula maupun yang sudah mahir di bidang programming.

4. Tutorial Android Indonesia

Tutorial Android Indonesia adalah channel Youtube yang dibuat oleh programer Android Indonesia. Channel ini menyajikan tutorial dan video tentang pembuatan aplikasi mobile dengan menggunakan teknologi Android. Video di sini sangat informatif dan terstruktur dengan baik, cocok untuk para pengguna yang ingin belajar membuat aplikasi mobile.

5. Jago Ngoding

Jago Ngoding adalah channel Youtube yang dibuat oleh Ivan Kristianto, seorang programmer dan tech evangelist Indonesia. Video di sini mencakup berbagai topik, seperti Docker, Kubernetes dan Go. Video di sini sangat informatif dan mudah dipahami, cocok untuk para programmer yang ingin belajar teknologi terbaru.

6. Sekolah Koding

channel programming sekolah koding

Sekolah Koding adalah channel Youtube yang dibuat oleh sekolah online coding Indonesia. Video di sini mencakup berbagai topik, seperti Python, JavaScript dan Java. Video di sini sangat informatif dan terstruktur dengan baik, cocok untuk para pengguna yang ingin belajar pemrograman dari dasar.

Channel Youtube Programming Bahasa Inggris

1. FreeCodeCamp

FreeCodeCamp adalah salah satu channel YouTube terbaik untuk belajar pemrograman. Channel ini menawarkan kursus pemrograman lengkap dengan berbagai topik, termasuk HTML, CSS dan JavaScript. FreeCodeCamp juga menawarkan proyek-proyek pemrograman praktis dan proyek open-source yang dapat membantu kamu mempraktikkan keterampilan kamu.

2. Traversy Media

Traversy Media adalah channel YouTube yang menawarkan konten edukatif tentang pengembangan web dan desain. Channel ini menyediakan tutorial tentang pemrograman dalam berbagai bahasa seperti HTML, CSS, JavaScript dan PHP. Selain itu, Traversy Media juga menyediakan tutorial tentang penggunaan alat-alat populer seperti React dan Vue.

Baca juga :   Shareware adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Contoh

3. Codecademy

channel programming Codecademy

Codecademy adalah platform belajar pemrograman online yang sangat populer. Mereka juga memiliki channel YouTube yang menawarkan tutorial tentang berbagai bahasa pemrograman dan topik terkait pemrograman. Channel ini menyediakan konten yang cocok untuk pemula dan juga untuk orang-orang yang sudah memiliki pengalaman.

4. Derek Banas

Derek Banas adalah seorang programmer yang memiliki channel YouTube yang menyediakan tutorial tentang berbagai bahasa pemrograman, seperti Java, Python, C++ dan JavaScript. Channel ini menyediakan tutorial yang sangat detail dan dapat membantu kamu memahami bahasa pemrograman dengan baik.

5. Programming with Mosh

Programming with Mosh adalah channel YouTube yang menyediakan konten edukatif tentang berbagai bahasa pemrograman dan topik terkait pemrograman. Mosh Hamedani, pendiri channel ini, adalah seorang programmer berpengalaman dan telah mengajar pemrograman selama lebih dari 15 tahun.

6. The Net Ninja

The Net Ninja adalah channel YouTube yang menyediakan tutorial tentang pengembangan web dan aplikasi. Channel ini menyediakan konten tentang HTML, CSS, JavaScript, React dan Vue. Tutorial-tutorial yang disajikan sangat mudah dipahami dan dapat membantu kamu memahami konsep-konsep pemrograman dengan baik.

7. Tech With Tim

Tech With Tim adalah channel YouTube yang menawarkan tutorial tentang berbagai bahasa pemrograman seperti Python, Java dan C++. Channel ini juga menawarkan tutorial tentang pengembangan game, pengembangan web dan penggunaan alat-alat populer seperti Flask dan Django.

8. Academind

Academind adalah channel YouTube yang menawarkan konten edukatif tentang pengembangan web dan desain. Channel ini menyediakan tutorial tentang HTML, CSS, JavaScript dan React. Academind juga menyediakan konten tentang alat-alat populer seperti Firebase dan Redux.

9. Clever Programmer

Clever Programmer adalah channel YouTube yang menawarkan tutorial tentang berbagai bahasa pemrograman dan topik terkait pemrograman seperti pengembangan web dan pengembangan aplikasi. Channel ini menyajikan tutorial yang sangat mudah dipahami dan memungkinkan kamu untuk mempelajari konsep-konsep pemrograman secara cepat.

Baca juga :   Cara Belajar Coding Otodidak Untuk Pemula

10. LearnCode.academy

LearnCode.academy adalah channel YouTube yang menyediakan tutorial tentang pengembangan web dan aplikasi. Channel ini menyediakan tutorial tentang HTML, CSS, JavaScript dan React. Tutorial-tutorial yang disajikan sangat cocok untuk pemula dan dapat membantu kamu memahami konsep-konsep pemrograman dengan baik.

Apa Saja Keuntungan Mengikuti Channel YouTube Programmer Indonesia?

Mengikuti Channel YouTube Programmer Indonesia memiliki banyak keuntungan, di antaranya:

1. Belajar Berbagai Keterampilan di Bidang Teknologi

Channel ini menyediakan banyak video tutorial dan kelas online yang membahas berbagai keterampilan di bidang teknologi, terutama dalam bidang pemrograman. Seseorang dapat mempelajari berbagai bahasa pemrograman, seperti Python, JavaScript dan PHP, serta belajar tentang pengembangan aplikasi, pengujian perangkat lunak dan teknologi terbaru lainnya.

2. Memperoleh Informasi Terbaru tentang Teknologi

Channel ini juga menyediakan informasi terbaru tentang teknologi, termasuk berita terbaru tentang perangkat lunak, perangkat keras dan tren teknologi terbaru. Informasi ini sangat berguna bagi seseorang yang ingin selalu terbarui tentang perkembangan terbaru di bidang teknologi.

3. Mendapatkan Inspirasi dari Para Programmer Sukses

Channel ini memiliki banyak wawancara dengan para programmer Indonesia yang telah sukses di bidangnya. Inspirasi dari mereka dapat membantu seseorang untuk memotivasi diri dan mengembangkan karir di bidang teknologi.

4. Bergabung dengan Komunitas Programmer Indonesia

Channel YouTube Programmer Indonesia juga menyediakan wadah untuk bergabung dengan komunitas programmer Indonesia. Seseorang dapat bertanya dan berbagi informasi dengan para programmer lainnya, serta mendapatkan dukungan dan inspirasi dari mereka.

Kesimpulan

Itulah beberapa channel YouTube terbaik untuk belajar pemrograman. Dengan mengikuti channel-channel tersebut, kamu dapat mempelajari konsep-konsep pemrograman secara efektif dan efisien. Jangan lupa untuk berlatih dan mencoba membuat proyek-proyek pemrograman praktis untuk meningkatkan keterampilan kamu.

Artikel ini merupakan bagian seri artikel Tips Trik dari KantinIT.com dan jika ada ide topik yang mau kami bahas silahkan komen di bawah ya..