apa itu coding

Apa Itu Coding: Jenis Coding dan Cara Belajar

Coding, atau yang biasa dikenal dengan istilah pemrograman, merupakan kegiatan membuat sebuah program atau aplikasi menggunakan bahasa pemrograman. Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyak pula kebutuhan akan programmer di berbagai bidang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenal dasar-dasar pemograman dan jenis-jenisnya.

Dalam artikel ini, kita akan belajar tentang apa itu coding, mengenal dasar-dasar programming dan jenis-jenisnya.

Apa itu Coding?

Definisi Coding

Coding adalah kegiatan membuat program atau aplikasi menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah bahasa khusus yang digunakan untuk membuat program komputer. Program atau aplikasi yang dibuat dapat berupa website, game, aplikasi mobile, software dan lain sebagainya. Dalam pemograman, programmer menggunakan perangkat lunak yang disebut dengan code editor untuk menulis kode program.

Sejarah Coding

Coding dimulai pada tahun 1801 ketika Joseph Marie Jacquard menemukan mesin tenun otomatis. Mesin ini digunakan untuk memproduksi kain dengan pola yang berbeda-beda dengan menggunakan kartu perforasi. Kartu perforasi adalah salah satu teknologi pertama yang digunakan untuk mengatur instruksi mesin.

Mengapa Coding Penting?

Coding sangat penting karena merupakan keterampilan masa depan. Semakin banyak pekerjaan yang membutuhkan keterampilan coding dan ini hanya akan terus meningkat. Selain itu, belajar pemograman juga dapat meningkatkan kemampuan logis kamu dan membuka peluang untuk membuat aplikasi dan produk yang menakjubkan.

Baca juga :   Arsitektur Data: Pengertian, Komponen dan Cara Kerja

Mengenal Dasar-dasar Programming

Sebelum mulai belajar pemograman, ada beberapa dasar-dasar programming yang perlu kita ketahui. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kita ketahui dalam pemograman:

1. Algoritma

Algoritma adalah serangkaian instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas tertentu. Dalam pemograman, algoritma digunakan untuk membuat program agar dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan.

2. Struktur Data

Struktur data adalah cara penyimpanan data pada program agar mudah diakses dan dimanipulasi. Contoh dari struktur data adalah array, linked list dan stack.

3. Variabel

Variabel adalah sebuah simbol yang digunakan untuk menyimpan nilai pada program. Variabel dapat digunakan untuk menyimpan nilai yang dapat berubah-ubah.

4. Fungsi

Fungsi adalah sebuah blok kode yang dapat digunakan kembali pada program. Fungsi dapat digunakan untuk menghindari penulisan kode yang berulang-ulang pada program.

5. Logika Pemrograman

Logika pemrograman adalah cara berpikir yang digunakan dalam pemograman. Logika pemrograman dapat digunakan untuk membuat program yang efisien dan mudah dimengerti.

Bahasa Pemrograman Populer

Ada banyak bahasa pemrograman yang berbeda yang dapat kamu pelajari. Berikut adalah beberapa bahasa pemrograman paling populer yang dapat kamu pelajari:

Python

coding bahasa pemograman phyton

Python adalah bahasa pemrograman yang paling populer di dunia saat ini. Bahasa ini sangat mudah dipelajari dan digunakan untuk berbagai keperluan seperti pengembangan web, ilmu data dan kecerdasan buatan.

Java

coding bahasa pemograman java

Java adalah bahasa pemrograman yang sangat populer untuk pengembangan aplikasi desktop dan mobile. Java digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Google dan Amazon.

JavaScript

coding bahasa pemograman javascript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk pengembangan web. Bahasa ini memungkinkan kamu untuk membuat interaksi yang dinamis dan menarik pada website.

Baca juga :   Cara Belajar Coding Otodidak Untuk Pemula

C++

coding bahasa pemograman C++

C++ adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam pengembangan game dan aplikasi desktop. Bahasa ini sangat kuat dan sering digunakan dalam pengembangan sistem operasi.

Ruby

coding bahasa pemograman ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman yang sangat populer untuk pengembangan website dan aplikasi web. Bahasa ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Airbnb dan Shopify.

Jenis-jenis Coding

Setelah kita mengenal dasar-dasar programming, selanjutnya kita akan membahas tentang jenis-jenis pemograman. Berikut adalah beberapa jenis-jenis pemograman:

1. Web Development

Web development adalah jenis pemograman yang digunakan untuk membuat website. Pada web development, programmer menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS dan JavaScript.

2. Game Development

Game development adalah jenis pemograman yang digunakan untuk membuat game. Pada game development, programmer menggunakan bahasa pemrograman seperti C++, Java dan Python.

3. Mobile Development

Mobile development adalah jenis pemograman yang digunakan untuk membuat aplikasi mobile. Pada mobile development, programmer menggunakan bahasa pemrograman seperti Swift, Kotlin dan Java.

4. Desktop Development

Desktop development adalah jenis pemograman yang digunakan untuk membuat aplikasi desktop. Pada desktop development, programmer menggunakan bahasa pemrograman seperti C++, Java dan Python.

5. Database Development

Database development adalah jenis pemograman yang digunakan untuk membuat database. Pada database development, programmer menggunakan bahasa pemrograman seperti SQL.

Cara Belajar Coding

Belajar pemograman tidak perlu mahal atau rumit. Berikut adalah beberapa cara untuk memulai belajar pemograman:

a. Mengikuti Kursus Online

Ada banyak kursus online gratis atau berbayar yang dapat membantu kamu memulai belajar pemograman. Beberapa platform belajar pemograman populer adalah Codecademy, Udemy dan Coursera.

b. Mengikuti Bootcamp

Bootcamp coding adalah program intensif yang membantu kamu mempelajari coding dalam waktu singkat. Beberapa bootcamp coding populer adalah Hacktiv8, Purwadhika dan Impact Byte.

Baca juga :   Network File System: Cara Kerja dan Cara Menggunakan

c. Belajar Sendiri

Kamu juga dapat memulai belajar coding sendiri dengan menggunakan buku, tutorial online,atau forum diskusi. Metode ini membutuhkan disiplin diri dan tekad yang kuat, tetapi dapat memberikan hasil yang sama dengan mengikuti kursus atau bootcamp.

Kesimpulan

Coding adalah keterampilan penting yang semakin diperlukan di era digital ini. Belajar coding dapat membuka peluang karir yang menjanjikan, meningkatkan kreativitas dan meningkatkan kemampuan logis kamu. Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat kamu pelajari dan banyak cara untuk memulai belajar coding. Jangan takut untuk memulai belajar coding, karena setiap orang dapat mempelajari keterampilan ini dengan tekad dan usaha yang kuat.

Artikel ini merupakan bagian seri artikel Programming dari KantinIT.com dan jika ada ide topik yang mau kami bahas silahkan komen di bawah ya..