chat gpt

Chat GPT: Pengertian, Manfaat, Bahaya dan Cara Menggunakan

Chat GPT adalah sebuah platform yang lagi terkenal saat ini. Chat GPT dibuat oleh OpenAI, sebuah laboratorium yang khusus untuk meneliti kecerdasan buatan yang didirikan oleh Sam Altman dan Elon Musk .

Nah, sebenarnya apasih Chat GPT itu? kita akan belajar bersama-sama untuk bisa lebih mengetahui dan menggunakan Chat GPT. yukk simak!!

Pengertian Chat GPT

chat gpt adalah

Generative Pre-Trained Transformer atau disebut dengan GPT adalah teknologi kecerdasan buatan yang memanfaatkan bahasa dan dilatih menggunakan jutaan titik data, termasuk teks dan buku. Teknologi ini menghasilkan tulisan (jawaban) yang meyakinkan dan koheran untuk pertanyaan dengan memprediksi kata masuk akal berikutnya dalam urutan kata, tetapi sering kali jawaban tidak akurat dan memerlukan permeriksaan fakta.

ChatGPT merupakan inisiasi dan kecerdasan teknologi AI yang dilatih menggunakan teknik pembelajaran mesin Reinforcement Learning From Human Feedback (RLHF). Reinforcement Learning adalah teknik pembelajaran mesing yang memfokuskan pada pengoptimasi reward atau penghargaan melalui interaksi dan pengalaman dengan lingkungan.

Manfaat dan Kekurangan dari Chat GPT

Manfaat Chat GPT

  1. Membantu pembuatan konten sosial media.
  2. Membantu koding.
  3. Membantu membuat pantun, puisi bahkan esai.
  4. Membuat karya musik.
  5. Mampu menjawab beragam pertanyaa.

Bahaya Chat GPT

Adapun bahaya dari ChatGPT antara lain sebagai berikut.

  1. ChatGPT bisa dimanfaatkan untuk membuat email phising yang bisa meraup saldo bank atau data identitas pribadi milik korban.
  2. Membuat malware, teknologi ini dapat membuat variasi pada kode malware agar sulit dideteksi dan dihentikan
  3. Kecurangan ujian sekolah, dengan kemampuan yang dapat menjawab segala hal pertanyaan banyak sekolah melarang penggunaan teknologi ini karena siswa (pelajar) dapat mencurangi ujian sekolah.
  4. Ketergantungan, membuat penggunanya menjadi terlalu tergantung pada teknologi ini. Hal ini dapat membuat pengguna kurang berinovasi dan memiliki kemampuan yang lebih rendah.
  5. Kurangnya kemampuan berpikir kritis, pengguna teknologi ini mungkin terlalu bergantung pada jawaban yang diterima sehingga dapat mempengaruhi kualitas keputusan yang diambil.
Baca juga :   Trojan Horse Adalah: Cara Kerja, Contoh dan Cara Mengatasinya

Cara Menggunakan Chat GPT

Manfaat dan bahaya chat gpt

Berikut cara menggunakan ChatGPT.

  1. Buka situs chat ChatGPT menggunakan komputer atau smartphone kamu
  2. Setelah itu, kamu akan diminta untuk login sebelum menggunakan ChatGPT.
  3. Ketika kamu tidak punya akun, kamu dapat mendaftarkan diri menggunakan email atau lansung akun Google atau Microsoft.
  4. Setelah berhasil daftar, kamu buka link ditahap 1 menggunakan akun OpenAI yang sudah terdaftar tadi.
  5. Tulis kalimat pertanyaan pada kolom percakapan.
  6. Kirim pertanyaan yang ingin kamu tanyakan.
  7. ChatGPT akan menanggapi pertanyaan kamu.

Kesimpulan

Pada pembelajaran kita di atas dapat kita simpulkan bahwa Chat GPT adalah teknologi kecerdasan buatan terbaru yang dapat memudahkan kamu dalam mecari jawaban ataupun data yang dibutuhkan. Teknologi ini dilatih menggunakan teknik pembelajaran mesin Reinforcement Learning From Human Feedback (RLHF)

Artikel ini merupakan bagian dari seri artikel belajar Kecerdasan Buatan dan jika ada ide topik yang mau kami bahas silahkan komen di bawah ya..