mysql update

MySQL Update: Cara Update Data dengan CMD dan phpMyadmin

Mysql update adalah perintah yang digunakan untuk mengubah data yang sudah ada di dalam sebuah tabel MySQL. Perintah ini digunakan ketika ada perubahan data yang perlu dilakukan, seperti mengubah nama atau alamat pengguna.

Dalam artikel ini, kita akan belajar cara meng-update data di MySQL menggunakan dua metode yaitu melalui MySQL dengan CMD dan PhpMyAdmin.

Apa itu Mysql Update?

Sebelum kita membahas cara meng-update data di MySQL, mari kita pelajari terlebih dahulu tentang apa itu perintah Mysql Update. Mysql Update adalah perintah SQL yang digunakan untuk mengubah atau memperbarui data yang sudah ada di dalam sebuah tabel MySQL. Dengan perintah ini, kamu dapat mengubah nilai yang ada di dalam sebuah kolom dengan nilai baru yang diinginkan.

Persiapan sebelum melakukan Mysql Update

Sebelum kamu melakukan Mysql Update, pastikan bahwa kamu sudah memiliki akses ke MySQL server yang ingin kamu ubah. Selain itu, pastikan bahwa kamu memiliki akses ke database yang ingin diubah. Pastikan juga bahwa kamu sudah memiliki tabel dan kolom yang ingin diubah dan data yang ingin diubah sudah tersedia.

Update Data MySQL Dengan CMD

Update Data MySQL Dengan CMD

MySQL CMD adalah salah satu cara yang paling umum digunakan untuk melakukan pembaruan data dalam tabel MySQL. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pembaruan data menggunakan MySQL CMD:

Baca juga :   Algoritma Backtracking: Cara Kerja dan Implementasinya

Langkah 1: Masuk ke MySQL CMD

Langkah pertama untuk melakukan pembaruan data dalam tabel MySQL adalah masuk ke MySQL CMD. Untuk melakukannya, jalankan perintah berikut di terminal:

mysql -u username -p

Ganti username dengan nama pengguna MySQL kamu dan tekan Enter. Setelah itu, MySQL akan meminta kamu memasukkan kata sandi. Masukkan kata sandi dan tekan Enter.

Langkah 2: Pilih database

Setelah masuk ke MySQL CMD, langkah berikutnya adalah memilih database yang ingin kamu ubah. Untuk memilih database, gunakan perintah berikut:

use nama_database;

Ganti nama_database dengan nama database yang ingin kamu ubah.

Langkah 3: Pembaruan Data

Setelah memilih database yang ingin kamu ubah, langkah berikutnya adalah melakukan pembaruan data. Untuk melakukan pembaruan data, gunakan perintah berikut:

update nama_tabel set nama_kolom = nilai_baru where kondisi;

Ganti nama_tabel dengan nama tabel yang ingin kamu ubah. Ganti nama_kolom dengan nama kolom yang ingin kamu ubah nilai. Ganti nilai_baru dengan nilai baru yang ingin kamu set untuk kolom tersebut. Ganti kondisi dengan kondisi yang harus dipenuhi agar pembaruan dilakukan. Misalnya, jika kamu ingin mengubah nilai kolom nama di tabel users menjadi John untuk semua baris yang memiliki nilai kolom id sama dengan 1, maka perintahnya akan menjadi seperti ini:

update users set nama = 'John' where id = 1;

Setelah kamu mengetik perintah di atas dan menekan Enter, MySQL akan membarui nilai kolom nama di tabel users sesuai dengan kondisi yang diberikan.

Update Data MySQL dengan phpMyAdmin

Update Data MySQL dengan phpMyAdmin

Selain menggunakan MySQL CMD, kamujuga dapat melakukan pembaruan data dalam tabel MySQL menggunakan phpMyAdmin. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pembaruan data menggunakan phpMyAdmin:

Baca juga :   VPS adalah: Jenis, Cara Kerja dan Kelebihan

Langkah 1: Masuk ke phpMyAdmin

Langkah pertama untuk melakukan pembaruan data dalam tabel MySQL menggunakan phpMyAdmin adalah masuk ke phpMyAdmin. Untuk melakukannya, buka browser web dan masukkan URL phpMyAdmin. Setelah itu, masukkan username dan kata sandi untuk masuk ke phpMyAdmin.

Langkah 2: Pilih database dan tabel

Setelah masuk ke phpMyAdmin, langkah berikutnya adalah memilih database dan tabel yang ingin kamu ubah. Untuk memilih database dan tabel, klik pada nama database di sebelah kiri layar dan pilih tabel yang ingin kamu ubah.

Langkah 3: Pembaruan Data

Setelah memilih tabel yang ingin kamu ubah, langkah berikutnya adalah melakukan pembaruan data. Untuk melakukan pembaruan data, klik pada tab “Browse” di bagian atas layar dan klik pada tombol “Edit” di baris data yang ingin kamu ubah.

Setelah itu, ubah nilai kolom yang ingin kamu ubah dan klik pada tombol “Go” di bagian bawah layar untuk menyimpan perubahan.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Update

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan update data dalam MySQL:

  1. Pastikan bahwa kondisi yang digunakan dalam perintah WHERE benar. Jika kondisi tidak benar, update tidak akan berjalan atau dapat merusak data dalam tabel.
  2. Pastikan bahwa kolom yang diupdate tidak digunakan sebagai kunci utama dalam tabel. Jika kolom tersebut digunakan sebagai kunci utama, maka update dapat merusak integritas data dalam tabel.
  3. Pastikan bahwa nilai yang dimasukkan untuk kolom diupdate benar. Jika nilai yang dimasukkan tidak benar, update dapat merusak

Kesimpulan

Pada pembelajaran kita di atas dapat kita simpulkan bahwa pembaruan data dalam tabel MySQL adalah operasi yang sangat umum dilakukan dalam pengembangan aplikasi web dan mobile. Kita telah membahas tentang pembaruan data dalam tabel MySQL menggunakan MySQL CMD dan phpMyAdmin. Kedua metode tersebut sangat berguna dan dapat membantu kamu melakukan pembaruan data dengan mudah dan efisien.

Baca juga :   Adware Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Jenis dan Cara Mengatasi

Artikel ini merupakan bagian seri artikel Database dari KantinIT.com dan jika ada ide topik yang mau kami bahas silahkan komen di bawah ya..