cara membuat tabel di mysql

Cara Membuat Tabel MySQL dengan CMD Hingga Edit dan Hapus

MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional yang banyak digunakan di seluruh dunia. Dalam MySQL, tabel digunakan untuk menyimpan data dalam format terstruktur. Membuat tabel di MySQL sangatlah penting untuk menyimpan data dengan rapi dan teratur.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat tabel di MySQL dengan menggunakan perintah dasar dan contoh perintah untuk membuat tabel.

Apa itu Tabel di MySQL?

Sebelum membahas cara membuat tabel di MySQL, ada baiknya kita memahami apa itu tabel. Tabel di MySQL adalah objek database yang berisi data dalam format terstruktur. Setiap tabel terdiri dari beberapa kolom dan baris, yang masing-masing menunjukkan data yang berbeda. Tabel dapat digunakan untuk menyimpan data pengguna, produk, transaksi, atau data lainnya.

Cara Membuat Tabel di MySQL

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk membuat tabel di MySQL menggunakan perintah CREATE TABLE:

Baca juga :   Localwp Adalah: Pengertian, Fitur, Penggunaan dan Manfaat

1. Masuk ke MySQL melalui Command Line Interface (CLI)

Untuk membuat tabel di MySQL, kamu harus masuk ke dalam MySQL melalui Command Line Interface (CLI). Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuka terminal atau command prompt dan mengetikkan perintah berikut:mysql -u username -p

Di mana “username” adalah nama pengguna MySQL kamu. Setelah itu, MySQL akan meminta kamu untuk memasukkan kata sandi untuk masuk ke dalam database.

2. Memilih Database yang Akan Digunakan

Setelah kamu berhasil masuk ke dalam MySQL, langkah selanjutnya adalah memilih database yang akan digunakan untuk membuat tabel. Perintah untuk memilih database adalah sebagai berikut:

cara memilih database dengan cmd

USE nama_database;

3. Membuat Tabel

Setelah memilih database yang akan digunakan, selanjutnya kamu dapat membuat tabel dengan perintah CREATE TABLE. Berikut adalah contoh perintah untuk membuat tabel dengan nama “produk”:

CREATE TABLE produk (
id_produk INT(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
nama_produk VARCHAR(255) NOT NULL,
harga_produk INT(11) NOT NULL,
PRIMARY KEY (id_produk)
);
Perintah di atas akan membuat tabel “produk” dengan tiga kolom: “id_produk”, “nama_produk” dan “harga_produk”. Kolom “id_produk” diatur sebagai INT(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT, yang berarti setiap kali kamu menambahkan data baru ke dalam tabel, nilai pada kolom “id_produk” akan otomatis bertambah satu. Kolom “nama_produk” dan “harga_produk” diatur sebagai VARCHAR(255) NOT NULL dan INT(11) NOT NULL masing-masing, yang berarti kedua kolom tersebut tidak dapat bernilai NULL.

4. Melihat Struktur Tabel yang Telah Dibuat

Setelah berhasil membuat tabel, kamu dapat melihat struktur tabel tersebut dengan perintah DESCRIBE. Berikut adalah contoh perintah untuk melihat struktur tabel “produk”:

cara melihat struktur tabel database dengan cmd

DESCRIBE produk;
Perintah di atas akan menampilkan informasi tentang struktur tabel “produk”, termasuk nama kolom, tipe data dan pengaturan lainnya.

Contoh Perintah untuk Membuat Tabel di MySQL

Berikut ini adalab beberapa contoh untuk membuat tabel di MySQL dengan CMD.

Baca juga :   16 Rekomendasi Channel Youtube Programming

1. Membuat Tabel dengan Satu Kolom

Untuk membuat tabel dengan satu kolom, kamu dapat menggunakan perintah CREATE TABLE dengan format berikut:CREATE TABLE nama_tabel (
nama_kolom tipe_data
);

Contoh perintah untuk membuat tabel dengan satu kolom bernama “nama_produk” dengan tipe data VARCHAR(255) adalah sebagai berikut:

CREATE TABLE produk (
nama_produk VARCHAR(255)
);

2. Membuat Tabel dengan Beberapa Kolom

Untuk membuat tabel dengan beberapa kolom, kamu dapat menambahkan nama kolom dan tipe data setiap kolom yang dibutuhkan, seperti contoh perintah di atas.

3. Menambahkan Primary Key pada Tabel

Primary key adalah kolom atau gabungan beberapa kolom yang digunakan sebagai pengenal unik untuk setiap baris dalam tabel. Untuk menambahkan primary key pada tabel, kamu dapat menambahkan perintah PRIMARY KEY pada salah satu kolom yang sudah dibuat, seperti contoh perintah di atas.

4. Menambahkan Kolom dengan Auto Increment

Kolom dengan auto increment adalah kolom yang nilainya otomatis bertambah satu setiap kali baris baru ditambahkan ke dalam tabel. Untuk menambahkan kolom dengan auto increment, kamu dapat menambahkan perintah AUTO_INCREMENT pada kolom tersebut, seperti contoh perintah di atas.

5. Menambahkan Kolom dengan Tipe Data Numerik

Untuk menambahkan kolom dengan tipe data numerik, kamu dapat menggunakan tipe data seperti INT, FLOAT, atau DOUBLE, dengan menambahkan panjang maksimum nilai pada kolom tersebut, seperti contoh perintah di atas.

6. Menambahkan Kolom dengan Tipe Data Tanggal dan Waktu

Untuk menambahkan kolom dengan tipe data tanggal dan waktu, kamu dapat menggunakan tipe data seperti DATE, TIME, atau DATETIME, seperti contoh perintah di bawah ini:

CREATE TABLE transaksi (
id_transaksi INT(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
tgl_transaksi DATE NOT NULL,
waktu_transaksi TIME NOT NULL,
PRIMARY KEY (id_transaksi)
);

7. Menambahkan Kolom dengan Tipe Data Teks Panjang

Untuk menambahkan kolom dengan tipe data teks panjang, kamu dapat menggunakan tipe data TEXT, yang memiliki beberapa jenis seperti TEXT, MEDIUMTEXT, atau LONGTEXT, seperti contoh perintah di bawah ini:

CREATE TABLE pengguna (
id_pengguna INT(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
nama_pengguna VARCHAR(255) NOT NULL,
bio_pengguna TEXT,
PRIMARY KEY (id_pengguna)
);

8. Menambahkan Kolom dengan Tipe Data BLOB

Untuk menambahkan kolom dengan tipe data BLOB, kamu dapat menggunakan tipe data seperti BLOB, MEDIUMBLOB, atau LONGBLOB, yang digunakan untuk menyimpan data biner seperti gambar atau file, seperti contoh perintah di bawah ini:

Baca juga :   Apa Itu Algoritma YOLO? Arsitektur, Cara Kerja dan Kelebihan

9. Menambahkan Indeks pada Tabel

Indeks digunakan untuk meningkatkan kinerja pencarian data pada tabel. kamu dapat menambah Indeks pada tabel dengan menggunakan perintah INDEX atau UNIQUE, seperti contoh perintah di bawah ini:

cara membuat tabel di mysql tabel pelanggan

CREATE TABLE pelanggan (
id_pelanggan INT(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
nama_pelanggan VARCHAR(255) NOT NULL,
email_pelanggan VARCHAR(255) NOT NULL,
INDEX (nama_pelanggan),
UNIQUE (email_pelanggan),
PRIMARY KEY (id_pelanggan)
);

Mengedit Tabel dengan Perintah ALTER TABLE

Kamudapat mengedit tabel yang sudah dibuat dengan menggunakan perintah ALTER TABLE, seperti menambahkan atau menghapus kolom atau indeks, mengubah tipe data kolom dan lain sebagainya.

Contoh perintah untuk menambahkan kolom baru pada tabel “produk” adalah sebagai berikut:

ALTER TABLE produk ADD harga_produk INT(11);

Menghapus Tabel dengan Perintah DROP TABLE

Jika kamu ingin menghapus tabel yang sudah dibuat, kamu dapat menggunakan perintah DROP TABLE, seperti contoh perintah di bawah ini:

cara menghapus tabel database dengan cmd

DROP TABLE nama_tabel;

Kesimpulan

Pada artikel ini kita sudah belajar cara membuat tabel di MySQL dengan cmd, tidak hanya membuat kita juga belajar bagai mana cara untuk mengedit  serta menghapus tabel pada sebuah database. Untuk membuat tabel kamu bisa menggunakan perintah Create table, untuk mengedit tabel menggunakan perintah Alter table dan untuk menghapus tabel menggunakan perintah Drop table.

Artikel ini merupakan bagian seri artikel Database dari KantinIT.com dan jika ada ide topik yang mau kami bahas silahkan komen di bawah ya..