apa itu internet

Apa itu Internet? Pengertian, Cara Kerja dan Dampak Negatif

Pada masa ini istilah internet tidak lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Bahkan hampir semua orang mulai dari anak-anak, orang dewasa bahkan lansia sekalipun sudah tak asing lagi dengan istilah tersebut.

Lalu, apa itu sebenarnya internet? Apa kegunaan? Bagaimana cara kerja? Apa saja kelebihan dan kekurangan?  Mari kita bahas dengan singkat dan padat!

Pengertian Internet

internet adalah

Internet itu sendiri adalah sebuah jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media lainnya. Jaringan komunikasi inilah yang akan mentransfer data secara tepat dan cepat melalui frekuensi tertentu. Adapun standar global penggunaan internet sendiri telah memakai Internet Protocol atau Transmission Control Protocol, yang biasanya kita dengan IP/TCP.

Sejarah Internet

Sejarah internet dimulai pada tahun 1960-an ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengembangkan jaringan komputer yang disebut ARPANET untuk menghubungkan pusat penelitian dan perguruan tinggi. Tujuan awal dari ARPANET adalah untuk memungkinkan peneliti untuk berbagi sumber daya dan berkomunikasi satu sama lain. Pada tahun 1980-an, jaringan tersebut berkembang menjadi lebih besar dan lebih terdesentralisasi dan mulai digunakan secara luas oleh bisnis dan organisasi pemerintah.

Pada awal 1990-an, World Wide Web ditemukan oleh Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan komputer di CERN, organisasi penelitian fisika di Swiss. Berners-Lee menciptakan sistem untuk mengorganisir informasi yang disebut hypertext, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dengan mengklik tautan. Sistem ini akhirnya menjadi dasar untuk situs web dan menjadikan internet lebih mudah digunakan dan diakses oleh masyarakat umum.

Baca juga :   Perbedaan Antara Cisco dan MikroTik yang Kamu Harus Ketahui!

Bagaimana Cara Kerja Internet?

cara kerja internet

Penting untuk disadari bahwa Internet adalah jaringan global kabel fisik , yang dapat mencakup kabel telepon tembaga, kabel TV dan kabel serat optik. Bahkan koneksi nirkabel seperti Wi-Fi dan 3G/4G mengandalkan kabel fisik ini untuk mengakses Internet.

Saat kamu mengunjungi situs web, komputer kamu mengirimkan permintaan melalui kabel ini ke server . Server adalah tempat menyimpan situs web dan berfungsi sangat mirip dengan hard drive komputer kamu. Setelah permintaan tiba, server mengambil situs web dan mengirimkan data yang benar kembali ke komputer kamu. Apa yang menakjubkan adalah bahwa ini semua terjadi hanya dalam beberapa detik.

Kegunaan Internet

Adapun beberapa kegunaan umumnya antara lain sebagai berikut:

1. Bisnis Online (E-commerce)

Situs belanja online telah membuat hidup kita lebih mudah, situs e-commerce seperti Amazon, Alibaba, Lazada, TokoPedia menyediakan layanan yang sangat spektakuler hanya dengan satu klik dan ini adalah penggunaan Internet yang luar biasa.

2. Transaksi Tanpa Uang Tunai

Semua perusahaan merchandising menawarkan layanan kepada pelanggan mereka untuk membayar tagihan produk secara online melalui berbagai aplikasi pembayaran digital seperti Gopay, Dana, Google pay, dll. Industri pembayaran digital tumbuh pada tingkat 50% setiap tahun juga karena INTERNET.

3. Pendidikan

Ini adalah fasilitas yang menyediakan banyak materi pendidikan untuk semua orang melalui server mana pun di seluruh web. Mereka yang tidak dapat menghadiri kelas fisik dapat memilih kursus apapun dari internet dan dapat memperoleh pengetahuan langsung tentangnya hanya dengan duduk di rumah.

4. Jejaring Sosial

Tujuan situs dan aplikasi jejaring sosial adalah untuk menghubungkan orang-orang di seluruh dunia. Dengan bantuan situs jejaring sosial, kita dapat berbicara, berbagi video, gambar dengan orang yang kita cintai ketika mereka jauh dari kita. Selain itu, kita dapat membuat grup untuk diskusi atau rapat.

Baca juga :   Weighted Product (WP): Pengertian, Cara Kerja, Rumus dan Penerapannya

5. Hiburan

Dapat juga digunakan untuk hiburan. Ada banyak pilihan hiburan yang tersedia di internet seperti menonton film, bermain game, mendengarkan musik, dll. Kamu juga dapat mengunduh film, game, lagu, Serial TV dan yang lain dengan mudah dari internet.

Dampak Negatif Internet

Adapun dampak negatif dimiliki antara lain sebagai berikut.

  1. Keamanan: Internet memungkinkan orang untuk mengakses informasi pribadi dan keuangan. Namun, ini juga membuka potensi untuk penipuan dan kejahatan online.
  2. Ketergantungan: Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan dan kecanduan. Ini dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik pengguna.
  3. Perilaku buruk: Memberikan akses ke konten yang tidak pantas dan mendorong perilaku buruk seperti cyberbullying dan kekerasan online.
  4. Pengaruh media sosial: Penggunaan media sosial dapat memengaruhi cara pengguna memandang diri mereka sendiri dan orang lain. Ini dapat memicu masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.
  5. Kebebasan berbicara: Meskipun memberikan kebebasan berbicara dan berekspresi, ini juga membuka potensi untuk konten yang tidak pantas dan diskriminatif.

Kelebihan Internet

Terlepas dari dampak negatif, ternyata ada juga loh ke kelebihan internet antara lain sebagai berikut.

  1. Menyediakan akses ke jutaan sumber informasi, termasuk berita, jurnal ilmiah, buku, artikel, video dan banyak lagi. Ini memudahkan pengguna untuk mencari dan menemukan informasi yang mereka butuhkan dalam waktu yang singkat.
  2. Memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang dari seluruh dunia, baik melalui email, chatting atau video call.
  3. Menyediakan akses ke berbagai bentuk hiburan, termasuk musik, film, permainan dan banyak lagi.
  4. Memungkinkan bisnis untuk menjual produk dan jasa secara online.
  5. Dapat membantu pengguna untuk meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Misalnya, pengguna dapat mengirimkan email, melakukan video conference atau mengunggah dokumen secara online, yang mempercepat proses kerja.
  6. Memungkinkan akses yang lebih mudah dan cepat ke informasi publik, termasuk informasi pemerintah dan organisasi internasional. Ini memperkuat transparansi dan akuntabilitas.
Baca juga :   Adware Adalah: Pengertian, Dampak, Jenis dan Cara Kerja

Kesimpulan

Internet telah mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia dan memberikan akses ke informasi dan sumber daya yang tidak mungkin diakses sebelumnya. Namun, ada juga dampak negatif yang harus diperhatikan.

Dalam menggunakannya, kita perlu berhati-hati dan memahami konsekuensi dari tindakan kita. Sebagai pengguna internet yang bertanggung jawab, kita harus memanfaatkan keuntungan internet untuk kebaikan dan menghindari dampak negatifnya.

Artikel ini merupakan bagian dari seri artikel belajar Jaringan dan jika ada ide topik yang mau kami bahas silahkan komen di bawah ya..